Kitara selalu senang membayar sendiri belanjaannya di kasir. Entah itu buku, pensil, atau sekeda beli sekotak susu uht. Dan dia akan sabar mengantri di kasir. Dan saya diminta melihat dari jauh.

Tapi beberapa kali, orang dewasa membuatnya frustasi. Mungkin karena badannya yang kecil, kadang-kadang dia diremehkan oleh orang-orang dewasa. Seperti contohnya kejadian di gramedia gandaria city. Kitara mengantri di belakang kakak yang sedang membayar, dan ketika tiba gilirannya, tiba-tiba seorang pria dewasa yang tampak sibuk mengobrol di ponsel dan merasa lebih berhak didahulukan daripada anak kecil ini, langsung menyodorkan nota dan uang tanpa menghiraukan ada anak yang sedang mengantri. Kitara menatap saya, putus asa. Untung mbak kasirnya baik. Dia mengingatkan si bapak bahwa adik kecil ini sudah mengantri duluan.

Ada lagi ketika membeli koin di arena permainan. Lagi-lagi seorang ibu dengan dandanan rapi, tanpa antri tiba-tiba menyodorkan uang. Tanpa menghiraukan ada anak kecil yang dia serobot antriannya. Lagi-lagi kitara menatap saya putus asa. Saya hanya tersenyum. Saya hanya bilang  memang ada orang-orang tertentu yang ga bisa antri. Dan itu tidak sopan ya…

Pernah juga di sebuah gerai rotiboy, kitara membayar dengan uang yang seharusnya masih ada kembaliannya. Mungkin karena mas-mas kasirnya merasa anak kecil ini ga butuh kembalian, kembalian dan nota tidak diberikan.

Untuk orang-orang dewasa yang merasa pernah melakukan tindakan tidak terpuji seperti diatas, seharusnya malu ya… seharusnya belajar lagi dari anak umur 5 tahun untuk menumbuhkan rasa ewuh pekewuh kalo kata orang jawa. Dan semoga anak-anak kalian tidak tumbuh menjadi orang-orang seperti kalian, supaya generasi selanjutnya jadi manusia-manusia yang kebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s